Sabtu, 11 Juni 2011

Contoh Penelitian Tindakan Kelas untuk TK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 18 Tahun 2007 mengenai Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan, maka terdapat beberapa komponen portofolio yang harus dipersiapkan guru, antara lain:

1. Kualifikasi akademik

2. Pendidikan dan pelatihan

3. Pengalaman mengajar

4. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran

5. Penilaian dari atasan dan pengawas

6. Prestasi akademik

7. Karya pengembangan profesi

8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah

9. Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial

10. Penghargaan yang relevan dalam bidang pendidikan

Perihal PTK, secara eksplisit terdapat dalam butir 7 yakni karya pengembangan profesi. Karya pengembangan profesi adalah suatu karya yang menunjukkan adanya upaya dan hasil pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru. Komonen ini meliputi buku yang dipublikasikan pada tingkat kabupaten/ kota, propinsi atau nasional; artikel yang dimuat dalam media jurnal/ buletin/ majalah yang tidak terakreditasi, terakreditasi, dan internasional; menjadi reviewer buku, penulias soal EBTANAS/ UN; modul/ buku cetak lokal (kabupaten/ kota) yang minimal mencakup materi pembelajaran selama 1 semester; media/ alat pembelajaran dalam bidangnya; laporan penelitian tindakan kelas (individu/ kelompok); karya seni (patung, rupa, tari, sastra, dll). Bukti fisik yang dilampirkan berupa surat keterangan dari pejabat yang berwenang. (Acep Yoni dkk, 2010: 9-10)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR

DAN KOMBINASI WARNA SERTA ALAT PERAGA YANG MENARIK

UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TK

Nama Sekolah : TK Yayasan Masyitoh Ngentak

Alamat : Ngentak, Plumbon, Temon, Kulon Progo, DI. Yogyakarta

Pengajar : Sirin, S. Ag dan Nurlaila Anis Arifianti

No.

Masalah

Rumusan

Hipotesis Tindakan

1.

Rendahnya motivasi siswa TK untuk mengenal huruf-huruf dan angka-angka

Siswa TK seharusnya sudah mulai mengenal huruf-huruf dan angka-angka, tetapi dalam kenyataannya banyak dari mereka yang belum mengenal huruf-huruf dan angka-angka karena motivasi mereka rendah

Dengan menggunakan media gambar dan kombinasi warna serta alat peraga yang menarik, akan meningkatkan motivasi belajar siswa TK untuk mengenal huruf-huruf dan angka-angka

Rumusan Masalah:

1. Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar dan kombinasi warna serta alat peraga yang menarik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa TK?

2. Model Pembelajaran: Permainan Kreatif

0 komentar:

Poskan Komentar

Al Hidayah FM Solo

IKUTi